Ads

ads header
Menu
belajarbahasainggris

Hi, Sobat belajar merujukan pada kententuan yang berlaku pada Kurikulum Merdeka berikut ini adalah istilah yang digunakan pada Kurikulum Merdeka. Tentunya Kemendikbudristek sangat gencar sekali dalam mensosialisasikan hal ini karena pada 2024 sudah wajib Merdeka Belajar.

1. Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian Pembelajaran atau CP adalah istilah pengganti KI dan KD dalam Kurikulum 2013 (Kurtilas). Dalam format Capaian Pembelajaran, tidak ada lagi pemisahan antara aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap, semua aspek tersebut digabung dan diintegrasikan ke dalam satu paragraf utuh.

Capaian pembelajaran dibuat berdasarkan pembagian fase. Setiap fase dapat dilihat deskripsi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, serta kompetensi umum yang kemudian diturunkan menjadi Capaian Pembelajaran (CP) menurut elemen yang dipetakan berdasarkan perkembangan siswa.


2. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Alur Tujuan Pembelajaran atau ATP adalah istilah pengganti silabus dalam Kurtilas. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah serangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. ATP ini kemudian dijadikan sebagai panduan guru dan siswa untuk mencapai Capaian Pembelajaran di akhir fase tersebut. Komponen Tujuan Pembelajaran dapat memuat tiga aspek, yaitu: Kompetensi, konten, dan variasi. Alur tujuan pembelajaran pada keseluruhan fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang menggambarkan tahapan perkembangan kompetensi antar fase dan jenjang pendidikan.


3. Modul Ajar (MA)

Modul Ajar atau MA adalah istilah pengganti RPP dalam Kurtilas. Sama seperti RPP, Modul Ajar dilengkapi dengan berbagai materi pembelajaran, lembar aktivitas siswa, dan asesmen untuk mengecek apakah tujuan pembelajaran dicapai siswa. Terdapat dua jenis Modul Ajar Kurikulum Merdeka, yaitu Modul Ajar Umum untuk proses pembelajaran yang diwajibkan untuk semua guru mapel dan Modul Ajar Khusus Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang dikhususkan untuk mengembangkan projek Profil Pelajar Pancasila.


4. Profil Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila adalah istilah pengganti PPK atau Penguatan Pendidikan Karakter pada Kurtilas. Pelajar Pancasila merupakan perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.


5. Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) ini diturunkan dari indikator asesmen suatu tujuan pembelajaran yang mencerminkan ketercapaian kompetensi pada tujuan pembelajaran tersebut. KKTP berfungsi untuk merefleksikan proses pembelajaran dan mendiagnosis tingkat penguasaan kompetensi peserta didik agar guru dapat memperbaiki proses pembelajaran dan atau memberikan intervensi pembelajaran yang sesuai kepada peserta didik.


6. Teaching at the Right Level (TaRL)

Teaching at the Right Level (TaRL) merupakan sebuah pendekatan belajar yang mengacu pada tingkatan capaian atau kemampuan peserta didik. Teaching at the right level (TaRL) dalam Kurikulum Merdeka mengacu pada tingkat kemampuan siswa.


7. Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan (KOSP)

Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan atau KOSP adalah pengganti dari istilah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau KTSP. Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan (KOSP) ini memuat seluruh rencana proses belajar yang diselenggarakan di satuan pendidikan.
KOSP adalah pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran dalam satuan pendidikan. KOSP dikembangkan sesuai dengan konteks dan kebutuhan peserta didik dan satuan pendidikan supaya menjadi lebih bermakna.


Demikian penjelasan mengenai istilah dalam kurikulum merdeka. Mudah-mudahan membantu sobat belajar dalam memahami perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Salam Merdeka Belajar!

Hi, Sobat belajar merujukan pada kententuan yang berlaku pada Kurikulum Merdeka berikut ini adalah istilah yang digunakan pada Kurikulum Me...
Pak Aufa 7/07/2023
belajarbahasainggris


Pengertian Perangkat Ajar

Perangkat Ajar adalah sejumlah bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang akan di gunakan dalam proses pembelajaran. Perangkat ajar berisi beberapa media dan sarana yang digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran.


Perangkat ajar pada Kurikulum Merdeka berbeda sekali dengan Kurikulum 2013. Pada Kurikulum Merdeka digunakan oleh guru untuk mencapai Profil Pengajar Pancasila dan ada Capaian Pembelajaran. Perangkat ajar tersebut meliputi modul ajar, TP, ATP, buku teks, video pembelajaran serta bentuk lain yang relevan dengan kegiatan pembelajaran.



Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum kita memulai pembelajaran menggunakan Kurikulum Merdeka. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1.       Buku Teks

Buku teks adalah jenis perangkat ajar yang berupa buku yang sesuai dengan mata pelajaran tertentu. Buku teks ini merupakan buku standar yang berisi sumber informasi dan disusun dengan dengan struktur dan urutan berdasar bidang ilmu tertentu.


Ada dua jenis buku yang biasanya di gunakan dalam pembelajaran yaitu buku peserta didik dan buku guru. Kedua jenis buku ini tentu berbeda sekali isinya. Buku peserta didik biasa sebagai buku pegangan untuk peserta didik begitu pula dengan buku guru digunakan sebagai panduan untuk melakukan pembalajaran sesuai dengan mata pelajaran.


Dalam hal ini tentunya pemerintah bertanggungjawab atas ketersediaan buku teks bagi peserta didik maupun guru.



2.       Modul Ajar

Modul ajar yang dulu dikenal dengan RPP adalah salah satu bentuk perangkat utama dalam pelaksanaan pembalajaran karena didalamnya terdapat CP, TP, dan ATP. Modul ajar merupakan penjabaran dari Alut Tujuan Pembelajaran (ATP) dan disusun sesuai dengan fase perkembangan peserta didik.



3.       Modul Projek

Model projek merupakan perangkat yang dikembangkan untuk melaksanakan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Modul Projek hamper sama dengan Modul ajar. 


Bagi guru hal-hal tersebut tentunya harus mulai di pahami supaya dalam pelaksanaan pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan menyenangkan. Untuk itu persiapkan hal-hal tersebut sebelum melakukan kegiatan pembalajaran dengan teliti. 


Demikian kiranya pembahasan mengenai perangkat ajar yang harus dipersiapkan pada Kurikulum Merdeka. Salam MERDEKA BELAJAR!

Pengertian Perangkat Ajar Perangkat Ajar adalah sejumlah bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang akan di gunakan dalam proses pembel...
Pak Aufa
belajarbahasainggris

 Hi, sobat belajar dimanapun berada, mungkin akhir-akhir ini kalian banyak mendengar adanya kurikulum baru yang akan segera di rilis yaitu kurikulum merdeka, betul sekali. Kurikulum ini di sepertinya akan menggantikan kurikulum 2013 tapi masih dalam tahap prototype dimana pelaksanaan untuk keseluruhan kurikulum ini di pastikan akan mulai full pada tahun 2024 pada semua jenjang tingkat pendidikan. Mari kita simak beberapa hal yang perlu di perhatikan pada kurikulum merdeka.

 

Pengertian Kurikulum Merdeka

Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang bertujuan untuk mengasah minat dan bakat anak sejak awal pendidikan. Kurikulum ini berfokus pada materi esensial, pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik.

Kurikulum ini mulai banyak diterapkan oleh sekolah, melalui uji coba pada 2.500 sekolah penggerak dan berdasarkan data dari KemdikbudRistek sampai saat ini hampir 143.265 sekolah yang telah menerepkan kurikulum ini. Jumlah ini tentunya terus bertambah dengan berjalannya waktu, pada tahun ajaran 2022/2023 di jenjang TK, SD, SMP dan SMA

 

Konsep Kurikulm Merdeka

Pada Kurikulm MErdeka terbagi menjadi jenjang  Fase A hingga Fase F. Perbedaan dengan Kurikulm 2013 yang dulu menggunakan kelas 1 sampe kelas 12. Lihat tabel




Konsep ini dibuat oleh Pak Nadiem agar siswa bisa mendalami minat dan bakatnya. JIka pada kurikulum 2013 siswa harus mempelajari semua mata pelajaran lain halnya dengan kurikulum merdeka murid diharapkan mampu menemukan minat dan bakatnya sendiri. Sehingga tidak ada paksaan untuk mempelajari semua mata pelajaran yang diajarakan. Sekiranya itulah konsep dasar dalam belajar yang nanti akan disebut sebagai MERDEKA BELAJAR

Kurikulum ini mengutamakan konsep strategi pembelajaran berbasis proyek. Siswa diharapkan mampu mengimplementasikan nateri yang diberikan melalui proyek atau studi kasus. Proyek ini dikenal dengan istilah Proyek Penguatan Profil Pelajar Pamcasila. Proyek ini bersifat lintas mata pelajaran. Melalui kegiatan ini siswa di minta untuk melakukan observasi masalah dari konteks lokal dan memberikan solusi nyata pada masalah tersebut.

Melalui proyek ini fokus belajar murid tidak lagi pada soal-soal yang akan diberikan pada saat ujian. Tentunya hal ini akan menciptakan kegiatan belajar yang lebih menyenangkan. Berikut ini perubahan dari kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka.

1.      Perubahan pada jenjang SD

Mata pelajaran IPA dan IPS menjadi satu berubah menjadi IPAS

Mata pelajaran Seni Sebagai Mata pelajaran ketrampilan

2.     Perubahan pada jenjang SMP

Mata pelajaran Informatika menjadi pelajaran yang wajib

Mata pelajaran prakarya menjadi satu pilihan bersama mata pelajaran Seni (Seni Musik, Seni Tari, Seni Rupa dan Seni Teater)

3.       Perubahan pada jenjang SMA

Tidak ada penjurusan di jenjang SMA

Artinya bahwa murid akan memilih mata pelajaran kelompok pilihan di kelas 11 dan 12 seuai dengan minat dan bakatnya dengan panduan guru BImbingan Konseling. Murid boleh mengganti mata pelajaran pada saat mereka di kelas 12 tetapi hal ini tidak disarankan.

Sebagai gambaran:

 

A.      Kelompok Mata pelajaran mum (wajib)

Pendidikan agama dan Budi Pekerti

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Bahasa Indonesia

Matematika

Bahasa Inggris

Seni (bisa memilih)

Sejarah

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

B.      Kelompok Mata pelajaran MIPA

Biologi dan kimia

C.      Kelompok Mata pelajaran IPS

Bahasa Inggris

 

Nah, Sekiranya itulah gambaran pengertian dan konsep dari Kurikulum Merdeka. Mudah-mudahan dengan adanya kurikulum merdeka ini membuat murid semakin bersemangat lagi dalam belajar begitu pula dengan para pengajar bapak/ibu guru selalu semangat dalam mengantarkan minat dan bakat para muridnya.

Sekian pembahasan mengenai kurikulum merdeka. Salam MERDEKA BELAJAR!

 

 

 

 Hi, sobat belajar dimanapun berada, mungkin akhir-akhir ini kalian banyak mendengar adanya kurikulum baru yang akan segera di rilis yaitu k...
Pak Aufa 7/06/2023
belajarbahasainggris

 

Simple Future Tenses


Pengertian Simple Future Tenses

Kalimat dalam bahasa inggris yang diigunakan untuk menunjukan
kejadian yang belum atau akan terjadi di masa depan, kalimat ini juga dianggap sudah berakhir kejadiannya di masa depan. Kalimat ini bisa digunakan untuk sebuah peristiwa yang diprediksi

 

Pola Kalimat Simple Future Tenses

Pola kalimat

 

+ (positive)

Subject + will/shall + V1 + Object

Subject + to be + going to + V1 + Object

- (negative)

Subject + will/shall + not + V1 + Object

Subject + to be + not  going to + V1 + Object

? (interrogative)

will/shall + Subject + V1 + Object

+ to be + Subject + going to + V1 + Object

 

Contoh kalimat Simple Future Tenses

Pola kalimat

 

+ (positive)

Budi will run on the field tomorrow

Dini is going to Dieng tonight

- (negative)

Budi will not run on the field tomorrow

Dini is not going to Dieng tonight

? (interrogative)

will Budi run on the field tomorrow?

is Dini going to Dieng tonight?

 

Fungsi Kalimat Simple Future Tenses

1.       Menyatakan suatu peristiwa yang akan terjadi di masa dating

2.       Menyatakan keputusan untuk melakukan suatu tanpa rencana

3.       Menyatakan sebuah emosi perasaan

4.       Memprediksi kejadian di masa depan

5.       Menyatakan kerelaan

6.       Menyatakan janji

7.       Mengundang

8.       Menyatakan ancaman

 

Catatan:

1.       Kalimat ini selalu menggunakan Verb 1 atau kata dasar

2.       Tidak ada perubahan kata kerja walaupun subjeknya berubah, baik itu singular atauapun plural, kata kerja V1 tidak mengalami penambahan apapun.

3.       Menggunakan adverb time : Tomorrow, the day after tomorrow, next week. Soon, later, by and by

 

Sumber:
https://www.wallstreetenglish.co.id/belajar-grammar/simple-future-tense/
https://www.english-academy.id/blog/pengertian-dan-rumus-simple-future-tense

  Simple Future Tenses Pengertian Simple Future Tenses Kalimat dalam bahasa inggris yang diigunakan untuk menunjukan kejadian yang belum...
Pak Aufa 6/23/2022
belajarbahasainggris

 Hi, sobat pelajar...mungkin salah satu dari kita pernah mengalami hal-hal yang tak terduga baik disengaja maupun disengaja, kejadian itu berlangsung di masa yang lalu atau sudah terjadi, kejadian ini bersifat tidak baik. Tentunya kita sebagai makhluk sosial akan curhat atau meminta saran atau meminta nasihat agar apa yang terlah terjadi tidak terulang lagi.

Materi kali ini kita akan menjelaskan mengenai Asking and Giving Suggestion. Simak materi berikut ini.

 

Pengertian

Asking and Giving Suggestion adalah sebuah ungkapan yang digunakan untuk meminta dan memberikan saran/ nasihat dalam bentuk bahasa inggris. Tujuan dari penggunaan Asking and Giving Suggestion untuk memberikan pilihan dalam menyelesaikan sebuah masalah.



Berikut ini ungkapan Asking and Giving Suggestion


Asking Suggestion

Giving Suggestion

Do you have any advice?

Do you have any suggestion?

What do you suggestion

What should I do?

I suggest to.....

You should to...

What about ....

I would recommend you....



Ketika kita mendapatkan sebuah nasehat, saran tentunya kita tidak selalu menerima nasehat tersebut, terkadang kita bisa menolaknya. Berikut ini ungkapan yang bisa kalian gunakan untuk menerima dan menolak nasehat yang diberikan:




Accepting advice

Rejecting advice

Thank you for your advice

You’re right

Okay, I will try it

I don’t think that’s  a good idea

I can’t do that

I’m not sure about that

 

Begitulah penjelasan mengenai ungkapan Asking and Giving Suggestion. Kalian bisa menyimak lagi dalam bentuk dialog untuk lebih memahami pemakaian Asking and Giving Suggestion.

 

Dialog 1

Winter

:

My dad coughed all night long. He can’t go to work today.

Felix

:

He had better go to the doctor. I hope that he will get well soon.

 

Dialog 2

Lisa

:

Rose, the holiday starts tomorrow, right? Let’s meet up! 

Rose

:

That sounds great! But, I don’t know where to go. Do you have any suggestions?

Lisa

:

Mmm, how about going to the Arborea Cafe? 

Rose

:

What a good idea! Okay, then!     

 

Mudah-mudahan penjelasan mengenai materi Asking and Giving Suggestion dapat dengan mudah di pahami dan bermanfaat dalam menambah pengetahuan kalian Terima kasih.

 


Sumber:

1.

https://www.zenius.net/blog/asking-and-giving-suggestion-advice

2.

https://www.ruangguru.com/blog/penjelasan-dan-contoh-kalimat-asking-and-giving-suggestion

 


  Hi, sobat pelajar...mungkin salah satu dari kita pernah mengalami hal-hal yang tak terduga baik disengaja maupun disengaja, kejadian itu b...
Pak Aufa 4/14/2022
belajarbahasainggris

 

Hi, berjumpa lagi sobat pelajar. Tentunya kalian pernah mengalami dan mendapatkan sebuah peringatan secara lisan, berupa kalimat larangan dari orang yang lebih tua atau orang yang dekat dengan kita. Selain berupa lisan kita juga pernah membaca sebuah rambu-rambu peringatan di sebuah tempat umum. Kalimat larangan dan simbol-simbol tersebut dinamakan notice. Untuk lebih jelasnya mari simak materi kali ini tentang notice.






Pengertian

Notice merupakan salah satu jenis short functional text, berisi sebuah informasi singkat dan sederhana yang berbentuk tulisan. Notice pada umumnya memberikan instruksi atau peringatan kepada publik. Notice bisa berbentuk rambu-rambu dengan menggunakan simbol.

Jenis-jenis yang termasuk alam notice:

1.

Coution : notice yang berisi peringatan formal yang diberikan  kepada orang yang akan melakukan larangan

2.

Information : notice yang berisi informasi bukan sebuah peringatan

3.

Prohibition :  notice yang berisi sebuah larangan, larangan untuk melakukan sebuah tindakan.

 

Warning: notice yang berisi informasi peringatan adanya bahaya ditujukan supaya orang di sekitar berhati-hati

 

Tujuan Notice

1.

Memberikan petunjuk

2.

Memberikan arahan

3.

Memberikan peringatan

 

Ciri-ciri Notice:

1.

Berbentuk short text

2.

Mudah dipahami

3.

Ditulis menggunakan huruf KAPITAL

4.

Menggunakan gambar

 

Unsur-unsur kebahasaan notice

1.

Menggunakan kalimat perintah

2.

Menggunakan kalimat deklaratif

 

 

Contoh notice :

Keel silent

Be carefull

Staff only

Don’t feed the animal



 

















Begitulah penjelasan materi notice. Mudah-mudahan bermanfaat dan menjadikan kita pribadi yang selalu taat akan aturan yang berlaku pada tempat umum dimana kita berada. Terimakasih.

 

Sumber:

1.

https://grammar.co.id/notice/

2.

https://www.mediainggris.com/2021/03/materi-bahasa-inggris-tentang-notice-public-notice-dengan-artinya.html

  Hi, berjumpa lagi sobat pelajar. Tentunya kalian pernah mengalami dan mendapatkan sebuah peringatan secara lisan, berupa kalimat larangan ...
Pak Aufa 4/13/2022
belajarbahasainggris

 

Hi, Sobat pelajar..

 

Dalam setiap kita bertindak atau berucap terkadang kita melakukan hal yang kurang pantas baik itu disengaja maupun tidak. Hal ini akan menimbulkan sebuah masalah yang cukup serius apabila tidak diselesaikan. Kata “maaf” sering kali menjadi senjata pamungkas untuk menyelesaikan masalah tersebut.


 

Tahukah kalian bahwa ungkapan maaf dapat dibedakan menurut situasi. Dalam bahasa inggris di bedakan  dalam situasi sebagai berikut:

 

1.

Meminta maaf dalam sekala kecil

Dalam situasi ini orang akan menggunakan kata “sorry” dan hanya satu kata itu untuk menunjukkan sikap atau permohonan maaf. 

Contoh :

My bad,

My fault,

Sorry about that

2.

Meminta maaf dalam skala sedang

Pada keadaan ini sudah menggunakan kalimat atau frase yang lebih lengkap, tidak hanya satu kata.

Contoh:

I am so sorry

I apologize

Forgive me

3.

Meminta maaf dalam skala besar

Dalam situasi ini tentunya masalah yang di hadapi sudah sangat serius, pada umumnya akan melibatkan banyak pihak. Penggunaan ungkapan minta maaf tidak cukup satu kata atau beberapa kalimat saja, tetapi akan ada konsekuensi. Kalimat yang di gunakan juga lebih halus dan sopan sekali.

Contoh:

I apologize from the deepest of my heart

I would ike to

I sincerely apologize

 

Alangkah baiknya apabila ketika kita melakukan kesalahan kita segera meminta maaf, baik dalam bahasa inggris atau bahasa lainnya. Tidak lupa ketika ada seseorang meminta maaf kepada kita, kita juga mererspon atau menerima permintaan maaf dengan kalimat ungkapan sebagai berikut ini:

 

1.

I forgive you (Saya memaafkan kamu)

2.

That’s okay/ That’s all right (Tidak apa-apa)

3.

Never mind/ Don’t worry about it/ Don’t mention it (Jangan khawatir akan hal itu/ Tidak masalah)

4.

Forget about it (Tidak apa-apa, lupakan saja)

5.

I quite understand (Saya paham alasan kesalahan kamu)

6.

No harm done (Tidak masalah [tidak ada kerugian yang timbul])

7.

It happens (Itu sudah terjadi)

 

 Begitulah, penjelasan mengenai ungkapan permintaan maaf dalam bahasa inggris. Mudah-mudahan kita selalu menjadi pribadi yang mudah memaafkan. Terima kasih



Sumber :

1. https://desainggris.com/cara-meminta-maaf-dalam-bahasa-inggris-beserta-contoh-ungkapannya/

2. https://www.ruangguru.com/blog/macam-macam-ungkapan-maaf-dalam-bahasa-inggris

  Hi, Sobat pelajar..   Dalam setiap kita bertindak atau berucap terkadang kita melakukan hal yang kurang pantas baik itu disengaja maup...
Pak Aufa 4/12/2022