Ads

ads header
Menu
belajarbahasainggris

Perangkat Ajar pada Kurikulum Merdeka


Pengertian Perangkat Ajar

Perangkat Ajar adalah sejumlah bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang akan di gunakan dalam proses pembelajaran. Perangkat ajar berisi beberapa media dan sarana yang digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran.


Perangkat ajar pada Kurikulum Merdeka berbeda sekali dengan Kurikulum 2013. Pada Kurikulum Merdeka digunakan oleh guru untuk mencapai Profil Pengajar Pancasila dan ada Capaian Pembelajaran. Perangkat ajar tersebut meliputi modul ajar, TP, ATP, buku teks, video pembelajaran serta bentuk lain yang relevan dengan kegiatan pembelajaran.



Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum kita memulai pembelajaran menggunakan Kurikulum Merdeka. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1.       Buku Teks

Buku teks adalah jenis perangkat ajar yang berupa buku yang sesuai dengan mata pelajaran tertentu. Buku teks ini merupakan buku standar yang berisi sumber informasi dan disusun dengan dengan struktur dan urutan berdasar bidang ilmu tertentu.


Ada dua jenis buku yang biasanya di gunakan dalam pembelajaran yaitu buku peserta didik dan buku guru. Kedua jenis buku ini tentu berbeda sekali isinya. Buku peserta didik biasa sebagai buku pegangan untuk peserta didik begitu pula dengan buku guru digunakan sebagai panduan untuk melakukan pembalajaran sesuai dengan mata pelajaran.


Dalam hal ini tentunya pemerintah bertanggungjawab atas ketersediaan buku teks bagi peserta didik maupun guru.



2.       Modul Ajar

Modul ajar yang dulu dikenal dengan RPP adalah salah satu bentuk perangkat utama dalam pelaksanaan pembalajaran karena didalamnya terdapat CP, TP, dan ATP. Modul ajar merupakan penjabaran dari Alut Tujuan Pembelajaran (ATP) dan disusun sesuai dengan fase perkembangan peserta didik.



3.       Modul Projek

Model projek merupakan perangkat yang dikembangkan untuk melaksanakan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Modul Projek hamper sama dengan Modul ajar. 


Bagi guru hal-hal tersebut tentunya harus mulai di pahami supaya dalam pelaksanaan pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan menyenangkan. Untuk itu persiapkan hal-hal tersebut sebelum melakukan kegiatan pembalajaran dengan teliti. 


Demikian kiranya pembahasan mengenai perangkat ajar yang harus dipersiapkan pada Kurikulum Merdeka. Salam MERDEKA BELAJAR!

No comments